Materi Pembelajaran

Selasa, 31 Agustus 2021

SILABUS KIMIA FARMASI KELAS XII FARMASI

Posted by Media Pembelajaran on Agustus 31, 2021 in | No comments

 

SILABUS MATA PELAJARAN

 

Nama Sekolah

:

SMK Daya Utama Bekasi

Mata Pelajaran

:

Kimia Farmasi

Kelas

:

XII

Semester

:

Ganjil dan Genap

Durasi (Waktu)

:

314 @45 menit

Bidang Keahlian

:

Kesehatan dan Pekerjaan Sosial

Program Keahlian

:

Farmasi

Kompetensi Keahlian

:

Farmasi Klinis dan Komunitas

 

 

 

 

 

 

KI 3-(Pengetahuan)

:

Memahami, menerapkan, menganalaisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan   metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Dasar-dasar Farmasi pada tingkat teknis, spesifik, detil dan kompleks berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional dan internasional.

 

KI 4-(Keterampilan)

:

Melaksanakan tugas spesifik menggunakan alat, informasi dan prosedur kerja, yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah kompleks sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Dasar-dasar Farmasi. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar,mengolah dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,kritis,mandiri, kolaboratif, komunikatif dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir menjadi gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal, dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Alokasi Waktu

(JP)

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Sumber Belajar

1

2

3

4

5

6

7

3.8  Memahami senyawa siklik dan penggolongannya, serta benzena dan turunannya

4.8  Melakukan identifikasi senyawa siklik dan penggolongannya, serta benzena dan turunannya

1.        Pengertian senyawa siklik dijelaskan oleh peserta didik

2.        Penggolongan   senyawa siklik dijelaskan oleh peserta didik

3.        Sifat  benzene diidentifikasi oleh peserta didik

4.        Penggolongan  serta turunan senyawa benzena dijelaskan oleh peserta didik

5.        macam-macam, tata nama, isomer, sifat, reaksi identifikasi, dan kegunaan dari senyawa siklik dan penggolongannya, serta benzena dan turunannya dianalisis oleh peserta didik

 

1.      Senyawa Siklik (karbosiklik dan heterosiklik)

2.      Senyawa Alisiklik Sikloalkana

3.      Benzena dan turunannya (hidrokarbon aromatik)

 

 

20

1.        Mencari informasi dari berbagai sumber mengenai senyawa siklik dan penggolongannya, serta benzena dan turunannya

2.        Membaca literatur lain yang berkaitan dengan macam-macam, tata nama, isomer, sifat, reaksi identifikasi, dan kegunaan dari senyawa siklik dan penggolongannya, serta benzene dan turunannya

3.        Secara berkelompok mengolah, dan menganalisis data hasil pengumpulan informasi mengenai senyawa siklik dan penggolongannya, serta benzena dan turunannya

4.        Menyimpulkan hasil analisis yang berkaitan dengan senyawa siklik dan penggolongannya, serta benzena dan turunannya

5.        Membuat slide show

6.        Mendiskusikan dengan melakukan presentasi hasil pengolahan informasi

7.        Laporan hasil diskusi

Tugas

1.  Lakukan eksperimen untuk identifikasi senyawa siklik dan penggolongannya, serta benzena dan turunannya

2.  Mengerjakan tugas review dan berpikir kritis pada lembar kerja

Unjuk kerja:

Penilaian sikap saat peserta didik melakukan eksperimen

Portofolio:

Laporan hasil eksperimen dan diskusi

Tes

Tes tertulis tentang senyawa siklik dan peng-golongannya, serta benzena dan turunannya

Yulie, 2019.

Kimia Farmasi. Jakarta. EGC

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Alokasi Waktu

(JP)

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Sumber Belajar

1

2

3

4

5

6

7

3.9  Memahami senyawa heterosiklik

4.9  Melakukan identifikasi senyawa heterosiklik

1.        pengertian senyawa heterosiklik dijelaskan oleh peserta didik

2.        macam, tata nama, isomer, sifat, senyawa heterosiklik dijelaskan oleh peserta didik

3.        reaksi senyawa heterosiklik diidentifikasi oleh peserta didik

4.        kegunaan senyawa heterosiklik dianalisis oleh peserta didik

1.     Pengertian senyawa heterosiklik

2.     Tata nama

3.     Isomer

4.     Sifat

5.     Reaksi identifikasi

6.     Kegunaan

20

1.      Mencari informasi dari berbagai literatur mengenai  macam-macam, tata nama, isomer, sifat, reaksi identifikasi, dan kegunaan senyawa heterosiklik

2.          Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan :

macam-macam, tata nama, isomer, sifat, reaksi identifikasi, dan kegunaan senyawa heterosiklik

Menuliskan reaksi senyawa heterosiklik (reaksi oksidasi, reaksi adisi, reaksi substitusi, reaksi eliminasi)

3.          Mengumpulkan artikel-artikel yang berkaitan dengan macam-macam, tata nama, isomer, sifat, reaksi identifikasi, dan kegunaan senyawa heterosiklik

4.          Secara berkelompok mengolah, dan menganalisis reaksi senyawa heterosiklik (reaksi oksidasi, reaksi adisi, reaksi substitusi, reaksi eliminasi.

5.          Menyimpulkan hasil analisis yang berkaitan dengan senyawa heterosiklik.

6.          Mebuat slide show

7.          Mendiskusikan dengan melakukan presentasi hasil pengolahan informasi

8.          Laporan hasil diskusi

Tugas

1.  Lakukan eksperimen untuk identifikasi senyawa heterosiklik

2.  Mengerjakan tugas review dan berpikir kritis pada lembar kerja

Unjuk kerja:

Penilaian sikap saat peserta didik melakukan eksperimen

Portofolio:

Laporan hasil eksperimen dan diskusi tentang identifikasi senyawa siklik dan penggolongannya, serta benzene dan turunannya

Tes

Tes tertulis tentang senyawa heterosiklik

Yulie, 2019.

Kimia Farmasi. Jakarta. EGC

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Alokasi Waktu

(JP)

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Sumber Belajar

1

2

3

4

5

6

7

3.10  Menganalisis reaksi redoks dan      elektrokimia

4.10Melakukan identifikasi reaksi redoks dan elektrokimia

1.   jenis-jenis reaksi kimia dianalisis oleh peserta didik

2.   reaksi oksidasi dan reduksi didasarkan pada pelepasan/penangkapan oksigen dan serah terima elektron diidentifikasi oleh peserta didik

3.   reaksi reduksi dan oksidasi didasarkan pada perubahan bilangan oksidasi diidentifikasi oleh peserta didik

4.   prinsip sel volta dan sel elektrolisis dijelaskan oleh peserta didik

5.   aplikasi sel Volta dan sel elektrolisis dalam kehidupan sehari-hari dianalisis oleh peserta didik

6.   korosi dan upaya penanggulangannya dianalisis oleh peserta didik

1.     Reaksi Kimia dan Jenis-jenisnya

2.     Reaksi oksidasi & reduksi, Bilangan oksidasi. Dan penyetaraan reaksi redoks

3.     Sel Volta

4.     Sel elektrolisa

5.     Hukum Faraday

6.     Korosi

16

1.         Menggali informasi mengenai:

ü  Reaksi kimia dan jenis-jenisnya.

ü  Redoks, Sel volta.

ü  Sel Elektrolisa

ü  Hukum Faraday, Korosi.

2.         Mengajukan pertanyaan yang berkaitan :

ü  Reaksi kimia dan jenis-jenisnya.

ü  Redoks, Sel volta.

ü  Sel Elektrolisa

ü  Hukum Faraday, Korosi.

3.         Mencari zat yang berperan sebagai reduktor dan oksidator dalam suatu reaksi redoks

4.         Mengumpulkan informasi mengenai prinsip sel Volta yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari (misalnya baterai dan aki).

5.         Mengumpulkan informasi mengenai aplikasi sel elektrolisis dalam proses penyepuhan dan pemurnian logam di industri

6.         Secara berkelompok menyetarakan persamaan reaksi redoks dengan cara setengah reaksi (ion elektron) dan perubahan bilangan oksidasi

7.         mengolah reaksi yang terjadi pada sel Volta dan notasi diagram sel Volta melalui diskusi

8.         mengolah informasi yang sudah terkumpul mengenai materi di atas untuk didiskusikan

9.         Membuat slide show hasil diskusi.

10.     Mempresentasikan hasil olahan informasi untuk didiskusikan

11.     Laporan hasil pengumpulan informasi

 

Tugas

1.  Lakukan eksperimen untuk identifikasi reaksi redoks dan elektrokimia

2.  Mengerjakan tugas review dan berpikir kritis pada lembar kerja

 

Unjuk kerja:

Penilaian sikap saat peserta didik melakukan eksperimen

 

Portofolio:

Laporan hasil eksperimen dan diskusi tentang identifikasi redoks dan elektrokimia

Tes

Tes tertulis tentang redoks dan elektrokimia

Yulie, 2019.

Kimia Farmasi. Jakarta. EGC

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Alokasi Waktu

(JP)

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Sumber Belajar

1

2

3

4

5

6

7

3.11   Menganalisis sifat, penggolongan, reaksi pembentukan polimer (polimerisasi)

4.11Melakukan identifkasi sifat, penggolongan, reaksi pembentukan polimer (polimerisasi)

1.        struktur polimer dianalisis oleh peserta didik

2.        sifat fisis dan sifat kimia polimer diidentifikasi oleh peserta didik

3.        penggolongan polimer dianalisis oleh peserta didik

4.        kegunaan dan dampak penggunaan polimer dalam kehidupan sehari-hari dijelaskan oleh peserta didik.

 

Polimer

·      Struktur polimer

·      Sifat Fisis dan kimia

·      Penggolongan polimer

·      Kegunaan polimer dalam kehidupan dan dampaknya

16

1.         Mencermati tayangan pembuatan plastik atau pemrosesan karet atau polimer yang lain.

2.         Mencari dan mengkaji berbagai sumber tentang struktur, sifat fisis dan kimia, penggolongan, dan penggunaan polimer dalam kehidupan serta dampaknya pada lingkungan.

3.         Berdasarkan bahan tayangan dan hasil pencarian sumber kajian mengajukan pertanyaan tentang penggolongan polimer, kegunaan polimer dalam kehidupan, dan dampak penggunaan polimer pada lingkungan

4.         Mendiskusikan dampak pemanfaatan polimer pada lingkungan dan kemungkinan mengatasinya

5.         Melakukan percobaan mengenai klasifikasi polimer berdasarkan ketahanannya terhadap panas

6.         Mengolah, menganalisis, dan menyimpulkan data hasil percobaan

7.         Menyimpulkan jenis-jenis polimer yang banyak dimanfaatkan di bidang kesehatan

8.         Menyimpulkan dampak penggunaan polimer pada lingkungan dan upaya yang dapat dilakukan untuk meminimasinya

9.         Mempresentasikan hasil kajian tentang struktur, sifat fisis dan kimia, penggolongan, dan penggunaan polimer dalam kehidupan dan dampaknya dengan menggunakan tata bahasa yang benar

Tugas

1.  Lakukan eksperimen untuk identifikasi sifat, penggolongan, reaksi pembentukan polimer (polimerisasi)

2.  Mengerjakan tugas review dan berpikir kritis pada lembar kerja

Unjuk kerja:

Penilaian sikap saat peserta didik melakukan eksperimen

Portofolio:

Laporan hasil eksperimen dan diskusi

Tes

Tes tertulis

Yulie, 2019.

Kimia Farmasi. Jakarta. EGC

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Alokasi Waktu

(JP)

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Sumber Belajar

1

2

3

4

5

6

7

3.12   Menganalisis biomolekul (karbohidrat, protein, lipida) berdasarkan uji kualitatif

4.12   Melakukan identifikasi biomolekul (karbohidrat, protein, lipida) berdasarkan uji kualitatif

1.    pengertian biomolekul dijelaskan oleh peserta didik

2.    biomolekul (karbohidrat, protein, lipida) berdasarkan uji kualitatif diidentifikasi oleh peserta didik

3.    sifat biomolekul (karbohidrat, protein, lipida) dijelaskan oleh peserta didik

4.    kegunaan biomolekul (karbohidrat, protein, lipida) dianalisis oleh peserta didik

Biomolekul (karbohidrat, lipid, protein) meliputi :

1.    Sifat

2.    Struktur

3.    Identifikasi

4.    Tata nama

5.    Kegunaan

16

1.        Mengamati berbagai biomolekul (karbohidrat, protein, lipida) yang ada di alam sekitar

2.        Mengamati berbagai sifat  biomolekul (karbohidrat, protein, lipida)  yang ada di alam sekitar

3.        Mengajukan pertanyaan apa saja yang termasuk dalam biomolekul (karbohidrat, protein, lipida)

4.        Mengajukan pertanyaan bagaimana sifat biomolekul (karbohidrat, protein, lipida)

5.        Melakukan eksperimen untuk membedakan sifat-sifat biomolekul (karbohidrat, protein, lipida)

6.        Mengidentifikasi struktur, sifat, cara penulisan, dan penggolongan biomolekul (karbohidrat, protein, lipida)  

7.        Menganalisis data hasil eksperimen tentang perbedaan sifat-sifat biomolekul (karbohidrat, protein, lipida)

8.        Mengklasifikasikan biomolekul (karbohidrat, protein, lipida) yang ada di alam sekitar

9.        Membuat laporan hasil eksperimen untuk membedakan sifat-sifat biomolekul (karbohidrat, protein, lipida)

10.    Menyampaikan hasil diskusi dengan cara presentasi di depan kelas

Tugas

1.  Lakukan eksperimen untuk identifikasi identifikasi biomolekul (karbohidrat, protein, lipida) berdasarkan uji kualitatif

2.  Mengerjakan tugas review dan berpikir kritis pada lembar kerja

Unjuk kerja:

Penilaian sikap saat peserta didik melakukan eksperimen

Portofolio:

Laporan hasil eksperimen dan diskusi berdasarkan uji kualitatif

Tes

Tes tertulis

Yulie, 2019.

Kimia Farmasi. Jakarta. EGC

 

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Alokasi Waktu

(JP)

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Sumber Belajar

1

2

3

4

5

6

7

3.13       Menganalisis anion dan kation berdasarkan uji kualitatif

4.13        Melakukan identifikasi anion dan kation berdasarkan uji kualitatif

1.       dasar analisis kimia dijelaskan oleh peserta didik

2.       langkah-langkah  dalam melakukan analisis kualitatif  dijelaskan oleh peserta didik

3.       kation dan anion  diidentifikasi berdasarkan uji kualitatif oleh peserta didik 

1.     Dasar analisis kimia

2.     Dasar analisis kualitatif kation dan anion

16

1.         Mencari informasi dari berbagai sumber mengenai : Analisis kualitatif ion anorganik (kation dan anion)

2.         Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan :

ü Dasar Analisis Kimia

ü Analisis kualitatif ion anorganik (kation dan anion)

3.         Membaca literatur lain yang berkaitan dengan pengujian bahan baku dengan menggunakan uji kualitatif

4.         Melakukan eksperimen pengujian kation dan anion dengan uji kualitatif.

5.         Secara berkelompok mengolah, dan menganalisis yang berkaitan dengan pengujian kation dan anion dengan menggunakan uji kualitatif.

6.         Menyimpulkan hasil eksperimen untuk dipresentasikan

7.         Mebuat slide show

8.         Mendiskusikan dengan melakukan presentasi hasil pengolahan informasi

9.         Menampilkan hasil pengujian bahan baku dengan menggunakan uji kualitatif

10.     Laporan hasil diskusi

Tugas

1.  Lakukan eksperimen untuk identifikasi identifikasi anion dan kation berdasarkan uji kualitatif

2.  Mengerjakan tugas review dan berpikir kritis pada lembar kerja

Unjuk kerja:

Penilaian sikap saat peserta didik melakukan eksperimen

Portofolio:

Laporan hasil eksperimen dan diskusi tentang identifikasi anion dan kation berdasarkan uji kualitatif

Tes

Tes tertulis

Yulie, 2019.

Kimia Farmasi. Jakarta. EGC

 

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Alokasi Waktu

(JP)

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Sumber Belajar

1

2

3

4

5

6

7

1.14   Menganalisis uji kualitatif senyawa obat berdasarkan prinsip kerja kefarmasian

2.14   Melakukan pengujian kualitatif senyawa obat berdasarkan prinsip kerja kefarmasian

1.        Peserta didik dapat menjelaskan sifat fisika dan sifat kimia bahan obat dengan baik

2.        Peserta didik dapat menjelaskan metode pemisahan yang dapat digunakan untuk uji kualitatif senyawa obat dengan baik

3.        Peserta didik dapat menjelaskan dasar analisis kimia uji kualitatif senyawa obat dengan baik

4.       Peserta didik dapat melakukan pengujian kualitatif senyawa obat berdasarkan prinsip kefarmasian dengan baik

1.    Sifat fisika dan kimia bahan obat

2.    Pemisahan (Pengayakan, Filtrasi, Sentrifugasi, Kristalisasi, Destilasi

3.    Dasar Analisis Kimia

4.    Analisis kualitatif bahan baku organik

 

18

1.        Menyimak materi penjelasan tentang :

ü Sifat fisika dan kimia bahan obat

ü Pemisahan (Pengayakan, Filtrasi, Sentrifugasi, Kristalisasi, Destilasi

ü Dasar Analisis Kimia

ü Analisis kualitatif bahan baku organik

2.        Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan :

ü Sifat fisika dan kimia bahan obat

ü Pemisahan (Pengayakan, Filtrasi, Sentrifugasi, Kristalisasi, Destilasi

ü Dasar Analisis Kimia

ü Analisis kualitatif bahan baku organik

3.        Mengumpulkan data :

4.        Membaca literatur lain yang berkaitan dengan pengujian bahan baku dengan menggunakan uji kualitatif

5.        Melakukan eksperimen pemisahan baik Pengayakan, Filtrasi, Sentrifugasi, Kristalisasi, Destilasi

6.        Melakukan eksperimen pembuatan VCO secara berkelompok.

7.        Melakukan eksperimen pengujian bahan baku dengan uji kualitatif.

8.        Secara berkelompok mengolah, dan menganalisis yang berkaitan dengan pengujian bahan baku dengan menggunakan uji kualitatif.

9.        Menyimpulkan hasil eksperimen untuk dipresentasikan

10.    Mebuat slide show

11.    Mendiskusikan dengan melakukan presentasi hasil pengolahan informasi

12.    Menampilkan hasil pengujian bahan baku dengan menggunakan uji kualitatif

13.    Laporan hasil diskusi

Tugas

1.  Lakukan eksperimen untuk identifikasi identifikasi anion dan kation berdasarkan uji kualitatif

2.  Mengerjakan tugas review dan berpikir kritis pada lembar kerja

 

Unjuk kerja:

Penilaian sikap saat peserta didik melakukan eksperimen

 

Portofolio:

Laporan hasil eksperimen dan diskusi tentang identifikasi anion dan kation berdasarkan uji kualitatif

Tes

Tes tertulis tentang identifikasi anion dan kation berdasarkan uji kualitatif

Yulie, 2019.

Kimia Farmasi. Jakarta. EGC

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Alokasi Waktu

(JP)

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Sumber Belajar

1

2

3

4

5

6

7

3.15   Mengevaluasi standar baku pembanding, larutan baku dan larutan pereaksi

4.15   Membuat standar baku pembanding, larutan baku dan larutan pereaksi

1.       definisi standar baku, pembanding, larutan baku dan larutan pereaksi dijelaskan oleh peserta didik

2.       standar baku, pembanding, larutan baku dan larutan pereaksi dijelaskan oleh peserta didik

3.       Peserta didik dapat menjelaskan Prosedur pembuatan larutan standar baku dan pembanding dengan baik

5          Peserta didik dapat membuat standar baku pembanding, larutan baku dan larutan pereaksi dengan benar

1. Definisi dan fungsi standar baku pembanding

2. Definisi dan fungsi larutan baku

3. Definisi dan fungsi larutan pereaksi

4. Prosedur pembuatan larutan standar baku dan pembanding

18

1.        Menyimak materi penjelasan tentang :

ü  Definisi dan fungsi standar baku pembanding

ü  Definisi dan fungsi larutan baku

ü  Definisi dan fungsi larutan pereaksi

2.        Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan :

ü  Definisi dan fungsi standar baku pembanding

ü  Definisi dan fungsi larutan baku

ü  Definisi dan fungsi larutan pereaksi

3.        Mengumpulkan data :

4.        Membaca literatur lain yang berkaitan dengan standar baku pembanding, larutan baku dan larutan pereaksi 

5.        Mengumpulkan artikel-artikel yang berkaitan dengan standar baku pembanding, larutan baku dan larutan pereaksi 

6.        Secara berkelompok mengolah, dan menganalisis data hasil pengumpulan informasi mengenai standar baku pembanding, larutan baku dan larutan pereaksi 

7.        Menyimpulkan hasil analisis yang berkaitan dengan standar baku pembanding, larutan baku dan larutan pereaksi

8.        Mebuat slide show

9.        Mendiskusikan dengan melakukan presentasi hasil pengolahan informasi

10.    Laporan hasil diskusi

Tugas

1.  Lakukan eksperimen untuk Membuat standar baku pembanding, larutan baku dan larutan pereaksi

2.  Mengerjakan tugas review dan berpikir kritis pada lembar kerja

Unjuk kerja:

Penilaian sikap saat peserta didik melakukan eksperimen

Portofolio:

Laporan hasil eksperimen dan diskusi tentang Membuat standar baku pembanding, larutan baku dan larutan pereaksi

Tes

Tes tertulis

Yulie, 2019.

Kimia Farmasi. Jakarta. EGC

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Alokasi Waktu

(JP)

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Sumber Belajar

1

2

3

4

5

6

7

3.16   Menganalisis  penetapan kadar dengan metode asidi-alkalimetri

4.16 Melakukan penetapan kadar dengan metode asidi-alkalimetri

1.       definisi analisis dengan metode aside-alkalimetri dijelaskan oleh peserta didik

2.       prosedur yang digunakan untuk melakukan anaisis aside-alkalimetri dijelaskan oleh peserta didik

3.       kegunaan metode aside-alkalimetri dijelaskan oleh peserta didik

4.       pengukuran kadar zat dengan dilakukakan dengan menggunakan metode aside-alkalimetri oleh peserta didik

1.    Definisi metode asidi-alkalimetri

2.    Prosedur penetapan kadar dengan menggunakan metode asidi-alkalimetri

3.    Kegunaan metode analisis dengan asidi-alkalimetri

18

1.        Mengamati dan menggali informasi tentang :

ü  Definisi analisis asidi-alkalimetri

ü  Prosedur melaksananakan analisis dengan metode asidi alkalimetri

ü  Kegunaan metode asidi-alkalimetri

2.        Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan :

ü  Definisi analisis asidi-alkalimetri

ü  Prosedur melaksananakan analisis dengan metode asidi alkalimetri

ü  Kegunaan metode asidi-alkalimetri

3.        Mengumpulkan data : dan Membaca literatur lain yang berkaitan dengan analisis dengan metode asidi-alkalimetri

4.        Mengumpulkan artikel-artikel yang berkaitan dengan analisis dengan menggunakan metode asidi-alkalimetri

5.        Secara berkelompok mengolah, dan menganalisis data hasil pengumpulan informasi mengenai analisis metode asidi-alkalimetri 

6.        Melakukan eksperimen mengenai penetapan kadar dengan menggunakan metode asidi-alkalimetri

7.        Menyimpulkan hasil analisis yang berkaitan dengan analisis asidi-alkalimetri

8.        Mebuat slide show

9.        Mendiskusikan dengan melakukan presentasi hasil pengolahan informasi

Laporan hasil diskusi

 

Tugas

1.  Lakukan eksperimen untuk penetapan kadar dengan metode asidi-alkalimetri

2.  Mengerjakan tugas review dan berpikir kritis pada lembar kerja

Unjuk kerja:

Penilaian sikap saat peserta didik melakukan eksperimen

Portofolio:

Laporan hasil eksperimen dan diskusi tentang penetapan kadar dengan metode asidi-alkalimetri

Tes

Tes tertulis tentang penetapan kadar dengan metode asidi-alkalimetri

Yulie, 2019.

Kimia Farmasi. Jakarta. EGC

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Alokasi Waktu

(JP)

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Sumber Belajar

1

2

3

4

5

6

7

3.17   Menganalisis penetapan kadar dengan metode permanganometri

4.17  Melakukan penetapan kadar dengan metode permanganometri

1.       definisi analisis dengan metode permanganometri dijelaskan oleh peserta didik

2.       prosedur yang digunakan untuk melakukan anaisis permanganometri dijelaskan oleh peserta didik

3.       kegunaan metode permanganometri dijelaskan oleh peserta didik

4.       pengukuran kadar zat dengan dilakukakan dengan menggunakan metode permanganometri oleh peserta didik

1.     Definisi metode analaisis permanganometri

2.     Kegunaan analisis dengan metode permanganometri

3.     Prosedur penetapan kadar dengan permanganometri

18

1.     Mengamati dan menggali informasi tentang :

ü Definisi metode analaisis permanganometri

ü Kegunaan analisis dengan metode permanganometri

ü Prosedur penetapan kadar dengan permanganometri

2.     Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan

ü  Definisi metode analaisis permanganometri

ü  Kegunaan analisis dengan metode permanganometri

ü  Prosedur penetapan kadar dengan permanganometri

3.        Mengumpulkan data : dan Membaca literatur lain yang berkaitan dengan analisis dengan metode permanganometri

4.        Mengumpulkan artikel-artikel yang berkaitan dengan analisis dengan menggunakan metode permanganometri

5.        Secara berkelompok mengolah, dan menganalisis data hasil pengumpulan informasi mengenai analisis metode permanganometri 

6.        Melakukan eksperimen mengenai penetapan kadar dengan menggunakan metode permanganometri

7.        Menyimpulkan hasil analisis yang berkaitan dengan analisis permanganometri

8.        Membuat slide show

9.        Mendiskusikan dengan melakukan presentasi hasil pengolahan informasi

10.    Laporan hasil diskusi

Tugas

1.  Lakukan eksperimen untuk penetapan kadar dengan metode permanganometri

2.  Mengerjakan tugas review dan berpikir kritis pada lembar kerja

Unjuk kerja:

Penilaian sikap saat peserta didik melakukan eksperimen

Portofolio:

Laporan hasil eksperimen dan diskusi tentang penetapan kadar dengan metode permanganometri

Tes

Tes tertulis tentang penetapan kadar dengan metode permanganometri

Yulie, 2019.

Kimia Farmasi. Jakarta. EGC

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Alokasi Waktu

(JP)

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Sumber Belajar

1

2

3

4

5

6

7

3.18   Menganalisis penetapan kadar dengan metode iodo-iodimetri

4.18  Melakukan penetapan kadar dengan metode iodo-iodimetri

1.       definisi analisis dengan metode iodometri dijelaskan oleh peserta didik

2.       prosedur yang digunakan untuk melakukan anaisis iodometri dijelaskan oleh peserta didik

3.       kegunaan metode iodometri dijelaskan oleh peserta didik

4.       pengukuran kadar zat dengan dilakukakan dengan menggunakan metode iodometri oleh peserta didik

1.     Definisi metode analaisis iodometri

2.     Kegunaan analisis dengan metode iodometri

3.     Prosedur analisis dengan menggunakan iodometri

1.      Prosedur penear di

18

1.     Mengamati dan menggali informasi tentang :

ü  Definisi metode analaisis iodometri

ü  Kegunaan analisis dengan metode iodometri

ü  Prosedur penetapan kadar dengan iodometri

2.     Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan

ü  Definisi metode analaisis iodometri

ü  Kegunaan analisis dengan metode iodometri

ü  Prosedur penetapan kadar dengan iodometri

3.        Mengumpulkan data : dan Membaca literatur lain yang berkaitan dengan analisis dengan metode iodometri

4.        Mengumpulkan artikel-artikel yang berkaitan dengan analisis dengan menggunakan metode iodometri

5.        Secara berkelompok mengolah, dan menganalisis data hasil pengumpulan informasi mengenai analisis metode iodometri

6.        Melakukan eksperimen mengenai penetapan kadar dengan menggunakan metode iodometri

7.        Menyimpulkan hasil analisis yang berkaitan dengan analisis iodometri 

8.        Mebuat slide show

9.        Mendiskusikan dengan melakukan presentasi hasil pengolahan informasi

10.    Laporan hasil diskusi

Tugas

1.  Lakukan eksperimen untuk penetapan kadar dengan metode iodometri

2.  Mengerjakan tugas review dan berpikir kritis pada lembar kerja

Unjuk kerja:

Penilaian sikap saat peserta didik melakukan eksperimen

Portofolio:

Laporan hasil eksperimen dan diskusi tentang penetapan kadar dengan metode iodometri

Tes

Tes tertulis tentang penetapan kadar dengan metode iodometri

Yulie, 2019.

Kimia Farmasi. Jakarta. EGC

 

 

Mengetahui,

Kepala SMK Daya Utama bekasi

 

Desy Rina, S.Si.,M.M.

Bekasi,     Juli 2021

 

Guru Mata Pelajaran

 

Yashinta Agustina, S.Pd.

 

0 komentar:

Posting Komentar