SILABUS MATA
PELAJARAN
Nama Sekolah |
: |
SMK Daya Utama Bekasi |
Mata
Pelajaran |
: |
Kimia
Farmasi |
Kelas |
: |
XII |
Semester |
: |
Ganjil
dan Genap |
Durasi
(Waktu) |
: |
314 @45
menit |
Bidang Keahlian |
: |
Kesehatan
dan Pekerjaan Sosial |
Program
Keahlian |
: |
Farmasi |
Kompetensi
Keahlian |
: |
Farmasi Klinis dan Komunitas |
|
|
|
|
|
|
KI 3-(Pengetahuan) |
: |
Memahami,
menerapkan, menganalaisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kerja Dasar-dasar Farmasi pada tingkat teknis, spesifik, detil
dan kompleks berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari
keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional
dan internasional. |
KI 4-(Keterampilan) |
: |
Melaksanakan
tugas spesifik menggunakan alat, informasi dan prosedur kerja, yang lazim
dilakukan serta menyelesaikan masalah kompleks sesuai dengan bidang dan
lingkup kerja Dasar-dasar Farmasi. Menampilkan
kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja. Menunjukkan
keterampilan menalar,mengolah dan menyaji secara efektif, kreatif,
produktif,kritis,mandiri, kolaboratif, komunikatif dan solutif dalam ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah serta
mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir menjadi gerak alami,
sampai dengan tindakan orisinal, dalam ranah konkret terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah serta mampu melaksanakan tugas
spesifik secara mandiri. |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
Alokasi
Waktu (JP) |
Kegiatan
Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber Belajar |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
3.8 Memahami
senyawa siklik dan penggolongannya, serta benzena dan turunannya 4.8 Melakukan identifikasi senyawa
siklik dan penggolongannya, serta benzena dan turunannya |
1.
Pengertian
senyawa siklik dijelaskan oleh peserta didik 2.
Penggolongan senyawa siklik dijelaskan oleh peserta
didik 3.
Sifat benzene diidentifikasi oleh peserta didik 4.
Penggolongan serta turunan senyawa benzena dijelaskan
oleh peserta didik 5.
macam-macam, tata nama, isomer, sifat, reaksi
identifikasi, dan kegunaan dari senyawa siklik dan penggolongannya, serta
benzena dan turunannya dianalisis oleh peserta didik |
1.
Senyawa Siklik (karbosiklik dan heterosiklik) 2. Senyawa
Alisiklik Sikloalkana 3.
Benzena dan turunannya (hidrokarbon aromatik) |
20 |
1.
Mencari informasi dari berbagai sumber mengenai senyawa siklik dan penggolongannya, serta benzena dan
turunannya 2.
Membaca literatur lain yang berkaitan dengan macam-macam, tata nama, isomer, sifat, reaksi
identifikasi, dan kegunaan dari senyawa siklik dan penggolongannya, serta
benzene dan turunannya 3.
Secara berkelompok mengolah, dan menganalisis data
hasil pengumpulan informasi mengenai senyawa
siklik dan penggolongannya, serta benzena dan turunannya 4.
Menyimpulkan hasil analisis yang berkaitan dengan senyawa siklik dan penggolongannya, serta benzena dan
turunannya 5.
Membuat slide
show 6.
Mendiskusikan
dengan melakukan presentasi hasil pengolahan informasi 7.
Laporan hasil diskusi |
Tugas 1. Lakukan
eksperimen untuk identifikasi senyawa siklik dan penggolongannya, serta benzena dan
turunannya 2. Mengerjakan tugas review dan berpikir
kritis pada lembar kerja Unjuk kerja: Penilaian
sikap saat peserta didik melakukan eksperimen Portofolio: Laporan
hasil eksperimen dan diskusi Tes Tes
tertulis tentang senyawa siklik dan peng-golongannya, serta benzena dan turunannya |
Yulie,
2019. Kimia Farmasi. Jakarta. EGC |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
Alokasi
Waktu (JP) |
Kegiatan
Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber Belajar |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
3.9 Memahami
senyawa heterosiklik 4.9 Melakukan identifikasi senyawa
heterosiklik |
1.
pengertian
senyawa heterosiklik dijelaskan oleh peserta didik 2.
macam, tata nama, isomer, sifat, senyawa heterosiklik
dijelaskan oleh peserta didik 3.
reaksi
senyawa heterosiklik diidentifikasi oleh peserta didik 4.
kegunaan
senyawa heterosiklik dianalisis oleh peserta didik |
1.
Pengertian senyawa heterosiklik 2.
Tata nama 3.
Isomer 4.
Sifat 5.
Reaksi identifikasi 6.
Kegunaan |
20 |
1.
Mencari informasi dari berbagai literatur
mengenai macam-macam, tata nama, isomer, sifat, reaksi identifikasi, dan kegunaan
senyawa heterosiklik
2.
Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan : macam-macam, tata nama, isomer, sifat, reaksi identifikasi, dan kegunaan
senyawa heterosiklik Menuliskan reaksi senyawa heterosiklik (reaksi oksidasi, reaksi adisi,
reaksi substitusi, reaksi eliminasi) 3.
Mengumpulkan artikel-artikel yang berkaitan dengan
macam-macam, tata nama, isomer, sifat, reaksi
identifikasi, dan kegunaan senyawa heterosiklik 4.
Secara berkelompok mengolah, dan menganalisis reaksi senyawa heterosiklik (reaksi oksidasi, reaksi
adisi, reaksi substitusi, reaksi eliminasi. 5.
Menyimpulkan hasil analisis yang berkaitan dengan senyawa heterosiklik. 6.
Mebuat slide show 7.
Mendiskusikan
dengan melakukan presentasi hasil pengolahan informasi 8.
Laporan hasil diskusi |
Tugas 1. Lakukan
eksperimen untuk identifikasi senyawa heterosiklik 2. Mengerjakan tugas review dan berpikir
kritis pada lembar kerja Unjuk kerja: Penilaian
sikap saat peserta didik melakukan eksperimen Portofolio: Laporan
hasil eksperimen dan diskusi tentang identifikasi senyawa siklik dan penggolongannya, serta benzene dan
turunannya
Tes Tes
tertulis tentang senyawa heterosiklik |
Yulie,
2019. Kimia Farmasi. Jakarta. EGC |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
Alokasi
Waktu (JP) |
Kegiatan
Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber Belajar |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
3.10 Menganalisis
reaksi redoks dan elektrokimia 4.10Melakukan
identifikasi reaksi redoks dan elektrokimia |
1.
jenis-jenis
reaksi kimia dianalisis oleh peserta didik 2.
reaksi
oksidasi dan reduksi didasarkan pada pelepasan/penangkapan oksigen dan serah
terima elektron diidentifikasi oleh peserta didik 3.
reaksi
reduksi dan oksidasi didasarkan pada perubahan bilangan oksidasi
diidentifikasi oleh peserta didik 4.
prinsip
sel volta dan sel elektrolisis dijelaskan oleh peserta didik 5.
aplikasi
sel Volta dan sel elektrolisis dalam kehidupan sehari-hari dianalisis oleh
peserta didik 6.
korosi
dan upaya penanggulangannya dianalisis oleh peserta didik |
1. Reaksi Kimia dan Jenis-jenisnya 2.
Reaksi oksidasi
& reduksi, Bilangan oksidasi. Dan penyetaraan reaksi redoks 3. Sel Volta 4.
Sel elektrolisa 5.
Hukum Faraday 6.
Korosi |
16 |
1.
Menggali informasi mengenai: ü
Reaksi kimia dan jenis-jenisnya. ü
Redoks, Sel volta. ü
Sel Elektrolisa ü
Hukum Faraday, Korosi. 2.
Mengajukan pertanyaan yang berkaitan : ü
Reaksi kimia dan jenis-jenisnya. ü
Redoks, Sel volta. ü
Sel Elektrolisa ü
Hukum Faraday, Korosi. 3.
Mencari zat yang
berperan sebagai reduktor dan oksidator dalam suatu reaksi redoks 4.
Mengumpulkan informasi mengenai prinsip sel Volta yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari (misalnya baterai
dan aki). 5.
Mengumpulkan informasi mengenai aplikasi sel elektrolisis dalam proses penyepuhan dan
pemurnian logam di industri 6.
Secara berkelompok menyetarakan persamaan reaksi redoks dengan cara setengah reaksi (ion
elektron) dan perubahan bilangan oksidasi 7.
mengolah reaksi yang
terjadi pada sel Volta dan notasi diagram sel Volta melalui diskusi 8.
mengolah informasi yang sudah terkumpul mengenai
materi di atas untuk didiskusikan 9.
Membuat slide show hasil diskusi. 10.
Mempresentasikan hasil olahan informasi untuk
didiskusikan 11.
Laporan hasil pengumpulan informasi |
Tugas 1. Lakukan
eksperimen untuk identifikasi reaksi redoks dan elektrokimia 2. Mengerjakan tugas review dan berpikir
kritis pada lembar kerja Unjuk kerja: Penilaian
sikap saat peserta didik melakukan eksperimen Portofolio: Laporan
hasil eksperimen dan diskusi tentang identifikasi redoks dan elektrokimia Tes Tes
tertulis tentang redoks dan elektrokimia |
Yulie,
2019. Kimia Farmasi. Jakarta. EGC |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
Alokasi
Waktu (JP) |
Kegiatan
Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber Belajar |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
3.11
Menganalisis
sifat, penggolongan, reaksi pembentukan polimer (polimerisasi) 4.11Melakukan
identifkasi sifat,
penggolongan, reaksi pembentukan polimer (polimerisasi) |
1.
struktur polimer dianalisis oleh peserta didik 2.
sifat fisis dan sifat kimia polimer diidentifikasi
oleh peserta didik 3.
penggolongan polimer dianalisis oleh peserta didik 4.
kegunaan dan dampak penggunaan polimer dalam
kehidupan sehari-hari dijelaskan oleh peserta didik. |
Polimer · Struktur polimer · Sifat Fisis dan kimia · Penggolongan polimer · Kegunaan polimer dalam kehidupan dan dampaknya |
16 |
1.
Mencermati tayangan pembuatan plastik atau
pemrosesan karet atau polimer yang lain. 2.
Mencari dan mengkaji berbagai sumber tentang
struktur, sifat fisis dan kimia, penggolongan, dan penggunaan polimer dalam
kehidupan serta dampaknya pada lingkungan. 3.
Berdasarkan bahan tayangan dan hasil pencarian
sumber kajian mengajukan pertanyaan tentang penggolongan polimer, kegunaan
polimer dalam kehidupan, dan dampak penggunaan polimer pada lingkungan 4.
Mendiskusikan dampak pemanfaatan polimer pada
lingkungan dan kemungkinan mengatasinya 5.
Melakukan percobaan mengenai klasifikasi polimer berdasarkan
ketahanannya terhadap panas 6.
Mengolah, menganalisis, dan menyimpulkan data
hasil percobaan 7.
Menyimpulkan jenis-jenis polimer yang banyak
dimanfaatkan di bidang kesehatan 8.
Menyimpulkan dampak penggunaan polimer pada
lingkungan dan upaya yang dapat dilakukan untuk meminimasinya 9.
Mempresentasikan hasil kajian tentang struktur,
sifat fisis dan kimia, penggolongan, dan penggunaan polimer dalam kehidupan
dan dampaknya dengan menggunakan tata bahasa yang benar |
Tugas 1. Lakukan
eksperimen untuk identifikasi sifat, penggolongan, reaksi pembentukan polimer
(polimerisasi) 2. Mengerjakan tugas review dan berpikir
kritis pada lembar kerja Unjuk kerja: Penilaian
sikap saat peserta didik melakukan eksperimen Portofolio: Laporan
hasil eksperimen dan diskusi Tes Tes
tertulis |
Yulie,
2019. Kimia Farmasi. Jakarta. EGC |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
Alokasi
Waktu (JP) |
Kegiatan
Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber Belajar |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
3.12
Menganalisis biomolekul (karbohidrat,
protein, lipida) berdasarkan uji kualitatif 4.12
Melakukan identifikasi biomolekul
(karbohidrat, protein, lipida) berdasarkan
uji kualitatif |
1.
pengertian biomolekul
dijelaskan oleh peserta didik 2.
biomolekul (karbohidrat,
protein, lipida) berdasarkan uji kualitatif diidentifikasi oleh peserta didik
3.
sifat biomolekul (karbohidrat,
protein, lipida) dijelaskan oleh peserta didik 4.
kegunaan biomolekul
(karbohidrat, protein, lipida) dianalisis oleh peserta didik |
Biomolekul (karbohidrat, lipid, protein) meliputi : 1.
Sifat 2.
Struktur 3.
Identifikasi 4.
Tata nama 5.
Kegunaan |
16 |
1.
Mengamati berbagai biomolekul
(karbohidrat, protein, lipida) yang ada di alam sekitar 2.
Mengamati berbagai sifat biomolekul (karbohidrat, protein,
lipida) yang ada di alam sekitar 3.
Mengajukan pertanyaan apa saja
yang termasuk dalam biomolekul (karbohidrat, protein, lipida) 4.
Mengajukan pertanyaan bagaimana
sifat biomolekul (karbohidrat, protein, lipida) 5.
Melakukan eksperimen untuk
membedakan sifat-sifat biomolekul (karbohidrat, protein, lipida) 6.
Mengidentifikasi struktur,
sifat, cara penulisan, dan penggolongan biomolekul (karbohidrat, protein,
lipida) 7.
Menganalisis data hasil
eksperimen tentang perbedaan sifat-sifat biomolekul (karbohidrat, protein,
lipida) 8.
Mengklasifikasikan biomolekul
(karbohidrat, protein, lipida) yang ada di alam sekitar 9.
Membuat laporan hasil
eksperimen untuk membedakan sifat-sifat biomolekul (karbohidrat, protein,
lipida) 10. Menyampaikan
hasil diskusi dengan cara presentasi di depan kelas |
Tugas 1. Lakukan
eksperimen untuk identifikasi identifikasi biomolekul (karbohidrat, protein,
lipida) berdasarkan
uji kualitatif 2. Mengerjakan tugas review dan berpikir
kritis pada lembar kerja Unjuk kerja: Penilaian sikap saat peserta didik melakukan
eksperimen Portofolio: Laporan hasil eksperimen dan diskusi berdasarkan uji kualitatif Tes Tes tertulis |
Yulie,
2019. Kimia Farmasi. Jakarta. EGC |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
Alokasi
Waktu (JP) |
Kegiatan
Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber Belajar |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
3.13 Menganalisis
anion dan kation berdasarkan uji kualitatif 4.13 Melakukan identifikasi anion dan kation
berdasarkan uji kualitatif |
1.
dasar analisis kimia dijelaskan
oleh peserta didik 2.
langkah-langkah dalam melakukan analisis kualitatif dijelaskan oleh peserta didik 3.
kation dan anion diidentifikasi berdasarkan uji kualitatif
oleh peserta didik |
1.
Dasar analisis kimia 2.
Dasar analisis kualitatif
kation dan anion |
16 |
1.
Mencari informasi dari berbagai
sumber mengenai : Analisis
kualitatif ion anorganik (kation dan anion) 2.
Mengajukan pertanyaan yang
berkaitan dengan : ü
Dasar Analisis Kimia ü
Analisis kualitatif ion anorganik (kation dan anion) 3.
Membaca literatur lain yang
berkaitan dengan pengujian bahan baku dengan menggunakan uji kualitatif 4.
Melakukan eksperimen pengujian
kation dan anion dengan uji kualitatif. 5.
Secara berkelompok mengolah,
dan menganalisis yang berkaitan dengan pengujian kation dan anion dengan
menggunakan uji kualitatif. 6.
Menyimpulkan hasil eksperimen
untuk dipresentasikan 7.
Mebuat slide show 8.
Mendiskusikan dengan melakukan presentasi hasil pengolahan informasi 9.
Menampilkan hasil pengujian bahan baku dengan menggunakan uji kualitatif 10.
Laporan hasil diskusi |
Tugas 1. Lakukan
eksperimen untuk identifikasi identifikasi anion dan kation berdasarkan uji
kualitatif 2. Mengerjakan tugas review dan berpikir
kritis pada lembar kerja Unjuk kerja: Penilaian sikap saat peserta didik melakukan
eksperimen Portofolio: Laporan hasil eksperimen dan diskusi tentang
identifikasi anion dan kation berdasarkan uji kualitatif Tes Tes tertulis |
Yulie,
2019. Kimia Farmasi. Jakarta. EGC |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
Alokasi
Waktu (JP) |
Kegiatan
Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber Belajar |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
1.14 Menganalisis uji kualitatif
senyawa obat berdasarkan prinsip kerja kefarmasian 2.14
Melakukan
pengujian kualitatif senyawa obat berdasarkan prinsip kerja kefarmasian |
1.
Peserta didik dapat menjelaskan sifat fisika dan
sifat kimia bahan obat dengan baik 2.
Peserta didik dapat menjelaskan metode pemisahan
yang dapat digunakan untuk uji kualitatif senyawa obat dengan baik 3.
Peserta didik dapat menjelaskan dasar analisis
kimia uji kualitatif senyawa obat dengan baik 4.
Peserta didik dapat melakukan pengujian kualitatif
senyawa obat berdasarkan prinsip kefarmasian dengan baik |
1.
Sifat fisika dan kimia bahan obat 2.
Pemisahan (Pengayakan, Filtrasi, Sentrifugasi,
Kristalisasi, Destilasi 3.
Dasar Analisis Kimia 4.
Analisis kualitatif bahan baku organik |
18 |
1.
Menyimak materi penjelasan tentang : ü Sifat fisika dan kimia bahan obat ü Pemisahan (Pengayakan, Filtrasi, Sentrifugasi,
Kristalisasi, Destilasi ü Dasar Analisis Kimia ü Analisis kualitatif bahan baku organik 2.
Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan : ü Sifat fisika dan kimia bahan obat ü Pemisahan (Pengayakan, Filtrasi, Sentrifugasi,
Kristalisasi, Destilasi ü Dasar Analisis Kimia ü Analisis kualitatif bahan baku organik 3.
Mengumpulkan data : 4.
Membaca literatur lain yang berkaitan dengan
pengujian bahan baku dengan menggunakan uji kualitatif 5.
Melakukan eksperimen pemisahan baik Pengayakan, Filtrasi, Sentrifugasi, Kristalisasi,
Destilasi
6.
Melakukan eksperimen pembuatan VCO secara
berkelompok. 7.
Melakukan eksperimen pengujian bahan baku dengan
uji kualitatif. 8.
Secara berkelompok mengolah, dan menganalisis yang
berkaitan dengan pengujian bahan baku dengan menggunakan uji kualitatif. 9.
Menyimpulkan hasil eksperimen untuk
dipresentasikan 10.
Mebuat slide show 11.
Mendiskusikan
dengan melakukan presentasi hasil pengolahan informasi 12.
Menampilkan hasil
pengujian bahan baku dengan menggunakan uji kualitatif 13.
Laporan hasil diskusi |
Tugas 1. Lakukan
eksperimen untuk identifikasi identifikasi anion dan kation berdasarkan uji
kualitatif 2. Mengerjakan tugas review dan berpikir
kritis pada lembar kerja Unjuk kerja: Penilaian
sikap saat peserta didik melakukan eksperimen Portofolio: Laporan
hasil eksperimen dan diskusi tentang identifikasi anion dan kation
berdasarkan uji kualitatif Tes Tes
tertulis tentang identifikasi anion dan kation berdasarkan uji kualitatif |
Yulie,
2019. Kimia Farmasi. Jakarta. EGC |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
Alokasi
Waktu (JP) |
Kegiatan
Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber Belajar |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
3.15
Mengevaluasi
standar baku pembanding, larutan baku dan larutan pereaksi 4.15
Membuat standar
baku pembanding, larutan baku dan larutan pereaksi |
1.
definisi standar baku, pembanding, larutan baku dan larutan pereaksi
dijelaskan oleh peserta didik 2.
standar baku, pembanding, larutan baku dan larutan pereaksi
dijelaskan oleh peserta didik 3.
Peserta didik dapat menjelaskan
Prosedur
pembuatan larutan standar baku dan pembanding dengan baik 5
Peserta didik dapat membuat standar baku pembanding, larutan baku dan larutan pereaksi dengan benar |
1. Definisi dan fungsi standar baku pembanding 2. Definisi dan fungsi larutan baku 3. Definisi dan fungsi larutan pereaksi 4. Prosedur pembuatan larutan standar baku dan pembanding |
18 |
1.
Menyimak materi penjelasan
tentang : ü Definisi dan fungsi standar baku pembanding ü Definisi dan fungsi larutan baku ü Definisi dan fungsi larutan pereaksi 2.
Mengajukan pertanyaan yang
berkaitan dengan : ü Definisi dan fungsi standar baku pembanding ü Definisi dan fungsi larutan baku ü Definisi dan fungsi larutan pereaksi 3.
Mengumpulkan data : 4.
Membaca literatur lain yang
berkaitan dengan standar
baku pembanding, larutan baku dan larutan pereaksi 5.
Mengumpulkan artikel-artikel
yang berkaitan dengan standar baku pembanding, larutan baku dan larutan pereaksi 6.
Secara berkelompok mengolah,
dan menganalisis data hasil pengumpulan informasi mengenai standar baku pembanding, larutan baku dan larutan
pereaksi 7.
Menyimpulkan hasil analisis
yang berkaitan dengan standar baku pembanding, larutan baku dan larutan pereaksi 8.
Mebuat slide show 9.
Mendiskusikan dengan melakukan presentasi hasil pengolahan informasi 10.
Laporan hasil diskusi |
Tugas 1. Lakukan
eksperimen untuk Membuat
standar baku pembanding, larutan baku dan larutan pereaksi
2. Mengerjakan tugas review dan berpikir
kritis pada lembar kerja Unjuk kerja: Penilaian sikap saat peserta didik melakukan
eksperimen Portofolio: Laporan hasil eksperimen dan diskusi tentang Membuat standar baku pembanding, larutan baku dan
larutan pereaksi Tes Tes tertulis |
Yulie,
2019. Kimia Farmasi. Jakarta. EGC |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
Alokasi
Waktu (JP) |
Kegiatan
Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber Belajar |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
3.16
Menganalisis penetapan kadar
dengan metode asidi-alkalimetri 4.16
Melakukan
penetapan kadar dengan metode asidi-alkalimetri |
1.
definisi analisis dengan metode
aside-alkalimetri dijelaskan oleh peserta didik 2.
prosedur yang digunakan untuk
melakukan anaisis aside-alkalimetri dijelaskan oleh peserta didik 3.
kegunaan metode
aside-alkalimetri dijelaskan oleh peserta didik 4.
pengukuran kadar zat dengan
dilakukakan dengan menggunakan metode aside-alkalimetri oleh peserta didik |
1.
Definisi metode
asidi-alkalimetri 2.
Prosedur
penetapan kadar dengan menggunakan metode asidi-alkalimetri 3.
Kegunaan metode
analisis dengan asidi-alkalimetri |
18 |
1.
Mengamati dan menggali
informasi tentang : ü Definisi analisis asidi-alkalimetri ü Prosedur melaksananakan analisis dengan metode asidi
alkalimetri ü Kegunaan metode asidi-alkalimetri 2.
Mengajukan pertanyaan yang
berkaitan dengan : ü Definisi analisis asidi-alkalimetri ü Prosedur melaksananakan analisis dengan metode asidi
alkalimetri ü Kegunaan metode asidi-alkalimetri 3.
Mengumpulkan data : dan Membaca
literatur lain yang berkaitan dengan analisis dengan metode asidi-alkalimetri 4.
Mengumpulkan artikel-artikel
yang berkaitan dengan analisis dengan menggunakan metode asidi-alkalimetri 5.
Secara berkelompok mengolah,
dan menganalisis data hasil pengumpulan informasi mengenai analisis metode asidi-alkalimetri 6.
Melakukan eksperimen mengenai penetapan kadar dengan menggunakan metode
asidi-alkalimetri 7.
Menyimpulkan hasil analisis
yang berkaitan dengan analisis asidi-alkalimetri 8.
Mebuat slide show 9.
Mendiskusikan dengan melakukan presentasi hasil pengolahan informasi Laporan
hasil diskusi |
Tugas 1. Lakukan
eksperimen untuk penetapan
kadar dengan metode asidi-alkalimetri 2. Mengerjakan tugas review dan berpikir
kritis pada lembar kerja Unjuk kerja: Penilaian sikap saat peserta didik melakukan
eksperimen Portofolio: Laporan hasil eksperimen dan diskusi tentang penetapan kadar dengan metode asidi-alkalimetri Tes Tes tertulis tentang penetapan kadar dengan metode asidi-alkalimetri |
Yulie,
2019. Kimia Farmasi. Jakarta. EGC |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
Alokasi
Waktu (JP) |
Kegiatan
Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber Belajar |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
3.17
Menganalisis penetapan kadar dengan metode permanganometri 4.17
Melakukan
penetapan kadar dengan metode permanganometri |
1.
definisi analisis dengan metode
permanganometri dijelaskan oleh peserta didik 2.
prosedur yang digunakan untuk
melakukan anaisis permanganometri dijelaskan oleh peserta didik 3.
kegunaan metode permanganometri
dijelaskan oleh peserta didik 4.
pengukuran kadar zat dengan
dilakukakan dengan menggunakan metode permanganometri oleh peserta didik |
1.
Definisi metode
analaisis permanganometri 2.
Kegunaan analisis
dengan metode permanganometri 3.
Prosedur
penetapan kadar dengan permanganometri |
18 |
1.
Mengamati dan menggali
informasi tentang : ü Definisi metode analaisis permanganometri ü Kegunaan analisis dengan metode permanganometri ü Prosedur penetapan kadar dengan permanganometri 2.
Mengajukan pertanyaan yang
berkaitan dengan ü Definisi metode analaisis permanganometri ü Kegunaan analisis dengan metode permanganometri ü Prosedur penetapan kadar dengan permanganometri 3.
Mengumpulkan data : dan Membaca
literatur lain yang berkaitan dengan analisis dengan metode permanganometri 4.
Mengumpulkan artikel-artikel
yang berkaitan dengan analisis dengan menggunakan metode permanganometri 5.
Secara berkelompok mengolah,
dan menganalisis data hasil pengumpulan informasi mengenai analisis metode permanganometri 6.
Melakukan eksperimen mengenai penetapan kadar dengan menggunakan metode
permanganometri 7.
Menyimpulkan hasil analisis
yang berkaitan dengan analisis permanganometri 8.
Membuat slide show 9.
Mendiskusikan dengan melakukan presentasi hasil pengolahan informasi 10.
Laporan hasil diskusi |
Tugas 1. Lakukan
eksperimen untuk penetapan
kadar dengan metode permanganometri 2. Mengerjakan tugas review dan berpikir
kritis pada lembar kerja Unjuk kerja: Penilaian sikap saat peserta didik melakukan
eksperimen Portofolio: Laporan hasil eksperimen dan diskusi tentang penetapan kadar dengan metode
permanganometri Tes Tes tertulis tentang penetapan kadar dengan metode
permanganometri |
Yulie,
2019. Kimia Farmasi. Jakarta. EGC |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
Alokasi
Waktu (JP) |
Kegiatan
Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber Belajar |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
3.18 Menganalisis penetapan kadar dengan metode iodo-iodimetri 4.18 Melakukan penetapan kadar dengan metode iodo-iodimetri |
1.
definisi analisis dengan metode
iodometri dijelaskan oleh peserta didik 2.
prosedur yang digunakan untuk
melakukan anaisis iodometri dijelaskan oleh peserta didik 3.
kegunaan metode iodometri
dijelaskan oleh peserta didik 4.
pengukuran kadar zat dengan
dilakukakan dengan menggunakan metode iodometri oleh peserta didik |
1.
Definisi metode
analaisis iodometri 2.
Kegunaan analisis
dengan metode iodometri 3.
Prosedur analisis
dengan menggunakan iodometri 1.
Prosedur penear
di |
18 |
1.
Mengamati dan menggali
informasi tentang : ü Definisi metode analaisis iodometri ü Kegunaan analisis dengan metode iodometri ü Prosedur penetapan kadar dengan iodometri 2.
Mengajukan pertanyaan yang
berkaitan dengan ü Definisi metode analaisis iodometri ü Kegunaan analisis dengan metode iodometri ü Prosedur penetapan kadar dengan iodometri 3.
Mengumpulkan data : dan Membaca
literatur lain yang berkaitan dengan analisis dengan metode iodometri 4.
Mengumpulkan artikel-artikel
yang berkaitan dengan analisis dengan menggunakan metode iodometri 5.
Secara berkelompok mengolah,
dan menganalisis data hasil pengumpulan informasi mengenai analisis metode iodometri 6.
Melakukan eksperimen mengenai penetapan kadar dengan menggunakan metode
iodometri 7.
Menyimpulkan hasil analisis
yang berkaitan dengan analisis iodometri 8.
Mebuat slide show 9.
Mendiskusikan dengan melakukan presentasi hasil pengolahan informasi 10.
Laporan hasil diskusi |
Tugas 1. Lakukan
eksperimen untuk penetapan
kadar dengan metode iodometri 2. Mengerjakan tugas review dan berpikir
kritis pada lembar kerja Unjuk kerja: Penilaian sikap saat peserta didik melakukan
eksperimen Portofolio: Laporan hasil eksperimen dan diskusi tentang penetapan kadar dengan metode
iodometri Tes Tes tertulis tentang penetapan kadar dengan metode
iodometri |
Yulie,
2019. Kimia Farmasi. Jakarta. EGC |
Mengetahui, Kepala SMK Daya Utama bekasi Desy
Rina, S.Si.,M.M. |
Bekasi, Juli 2021 Guru Mata Pelajaran Yashinta
Agustina, S.Pd. |
0 komentar:
Posting Komentar